Ka. Prodi Sistem InformasiSeiring dengan visi dan misi dari STMIK Indonesia Mandiri, dalam rangka memberikan kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas Bangsa Indonesia, maka ditetapkan Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut :

Visi

Menjadi program studi terkemuka di tingkat Jawa Barat yang menghasilkan tenaga ahli/profesional dalam bidang Sistem Informasi yang mendukung proses bisnis.

Misi

  1. Menyelenggarakan program pendidikan Stata Satu Sistem Informasi yang berkualitas dengan didukung oleh kurikulum yang dinamis disesuaikan dengan kebutuhan industri Teknologi Informasi dan Komunikasi, tenaga pengajar yang kompeten, dan fasilitas yang baik.
  2. Melaksanakan penelitian pada bidang Sistem Informasi yang dapat memberikan kontribusi di bidang ilmu pengetahuan khususnya dalam Analisis Sistem dan Perekayasaan Sistem Informasi.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat khususnya di bidang Analisis Sistem dan Perekayasaan Sistem Informasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  4. Meningkatkan kualitas lulusan di bidang Sistem Informasi khususnya di bidang Analisis Sistem Informasi dan Perekayasa Sistem Informasi.

Tujuan

  1. Mampu menerapkan program keilmuan Sistem Informasi, khususnya di bidang Analisis Sistem Informasi dan Perekayasa Sistem Informasi masyarakat.
  2. Membuat suasana akademik yang kondusif di lingkungan program studi Sistem Informasi.
  3. Menghasilkan penelitian bersama antara dosen dan mahasiswa di bidang Sistem Informasi khususnya pada bidang Analisis Sistem Informasi dan Perekayasa Sistem Informasi masyarakat.
  4. Menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mampu mempelajari pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komputer (teori, hardware, software dan brainware) untuk memecahkan masalah-masalah bisnis dan mendukung tujuan bisnis dengan.

Sasaran dan Strategi Pengembangan Program Studi

  1. Rata-rata penyelesaian studi 8 (delapan) semester.
  2. Persentase kelulusan tepat waktu minimal 75%.
  3. Rata-rata Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan minimal 2,75.
  4. Jumlah kegiatan penelitian dan publikasi minimal 1 (satu) judul untuk setiap dosen dalam setiap semester.
  5. Jumlah kegiatan pengabdian pada masyarakat minimal 1 (satu) kegiatan setiap dosen dalam setiap semester.
  6. Partisipasi aktif dalam asosiasi atau dilingkungan masyarakat ilmiah minimal 1 (satu) kegiatan setiap dosen dalam setiap semester.

Profil Lulusan

Lulusan S1 Sistem Informasi disiapkan untuk dapat menerapkan ilmu Sistem Informasi dan Teknologi Informasi di dalam dunia kerja, mampu membuka peluang usaha dan mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Mahasiswa sarjana Sistem Informasi STMIK Indonesia Mandiri dapat berperan sebagai analis sistem, perekayasa sistem informasi, mampu membuka peluang usaha dan mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

  1. Analis Sistem (System Analyst)
    Mampu mengidentifikasi dan merancang peluang dari penggunaan TI untuk perancangan sistem dan perbaikan organisasi. Menganalisis bisnis proses, kebutuhan informasi dan sumber-sumber daya pendukung lain untuk menentukan strategi dan desain dari sistem informasi untuk menunjang tujuan bisnis dan organisasi.
  2. Perekayasa Sistem Informasi (IS Engineer)
    Mampu mengintegrasikan solusi teknologi informasi dan proses bisnis untuk menyelesaikan permasalahan secara efisien dan efektif yang berguna untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan organisasi. Mendesain arsitektur aplikasi dan infrastruktur data.

Prospek Karir

Memasuki era digital, peningkatan pengguna komputer semakin meningkat. Sistem informasi sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam organisasi untuk mendukung proses bisnis dalam memperoleh keuntungan dan memanangkan persaingan bisnis, sehingga tenaga ahli di bidang Sistem Informasi banyak dibutuhkan. Beberapa prospek karir di bidang Sistem Informasi antara lain: analisis sistem, bisnis analisis, manager IT, konsultan IT, auditor, web developer, database administrator, system integrator, software engineer, tenaga pendidikan, dan sebagainya.